Pesan dari Dr. Aiman Rusydi Suwaid kepada para penghafal alqur an

Dengan sedikit improve saya berusaha agar mudah dipahami tapi tidak mengubah substansi. Kali ini saya coba menerjemahkan jawaban Dr. Aiman Rusydi Suwaid (seorang pakar ilmu qiro’ah) ketika mendapat pertanyaan tentang bagaimana pelajar membagi waktu antara menghafal Al-Qur’an dan belajar materi-materi sekolah.
Berikut nasihat beliau ;
“Berbicara megenai menghafal Al-Qur’an maka sungguh kita sedang membicarakan sesuatu yang agung lagi mulia, karena Al-Qur’an adalah kalamullah. Dan kita ingin menjadikannya tersalin di dalam hati. Ini bukan perkara kecil tapi cita-cita yang luar biasa.
Maka barangsiapa yang bercita-cita menjadi penghafal Qur’an hendaknya meninggalkan hal-hal yang tidak berguna. Waktu yang kita miliki tidak cukup untuk melakukan semua hal, untuk itu tinggalkan yang tidak bermanfaat, seperti nongkrong dengan teman-teman setiap hari, banyak bermain hp, nonton pertandingan bola dsb. Bagaimana mungkin kita mengharapkan kesuksesan dalam belajar, memperoleh gelar dan mengkhatamkan hafalan Al-Qur’an sedang kita lebih sering menghabiskan waktu untuk perkara yang sia-sia, sungguh mustahil.
Jadi intinya fokus pada dua hal saja, belajar yang rajin dan sungguh-sungguh menghafal Al-Qur’an sekaligus memuroja’ahnya. Apabila ingin melakukan aktivitas lainnya, maka lakukanlah sesingkat dan sebijak mungkin. Misal buka Hp cukup setengah atau seperempat jam dan jangan lebih. Ketemuan dengan teman di sekolah atau kampus tidak perlu lama-lama.
Waktu yang kita miliki terbatas dan tidak akan cukup untuk melakukan semua hal. Kita harus pandai mengaturnya. Relakan dirimu untuk meninggalkan aktivitas yang kecil demi meraih tujuan yang besar.”
Jika dahulu Thoriq bin Ziyad membakar kapal agar pasukannya fokus berperang, maka penghafal Al-Qur’an juga harus melakukan yang sama. Bakar egomu, segera maju, jangan kalah sebelum berperang. Semoga istiqomah
 Artikel ini adalah artikel terjemahan video Dr. Aiman Rusydi Suwaid, bagi kalian yang ingin melihat video aslinya silahkan mengunjunginya di facebook dengan link ini
Beliau adala seorang doktor dalam bidang tajwid, yang karya-karya beliau sangat banyak dan masha alloh , sangat bermanfaat bagi umat islam, bagi kalia yang ingin menonton tentang pengajaran beliau dalam bidang tajwid bisa melihatnya di video di bawah ini.



1. Belajar tajwid, pelafalan huruf yang benar bersama Dr. Aiman  Rusydi Suwaid

 





2. Tajwid - bacaan Alfatihah yang benar - Syaikh Aiman Rusydi Suwaid

 

 


 Alhamdulillah , mungkin sedikit ini yang admin bagikan semoga bermanfaat. wal akhir wassalamualikum wr wb


Penulis                       :  Dr. Aiman Rusydi Suwaid
Diterjemahkan Oleh  :  Abid Ihsanudin
Editor dan upload by : hafidz bey




Post a Comment

Previous Post Next Post