7 Hikmah Puasa Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui

  • Bagikan
Hikmah Puasa Ramadhan
Hikmah Puasa Ramadhan

Hikmah Puasa Ramadhan

 

Puasa ramadhan adalah salah satu ibadah yang hukumnya wajib bagi setiap orang yang beragama islam.  Puasa ramadhan dilaksanakan setiap bulan ramadhan pada tahun Hijriah. Selama sebulan penuh,  umat Islam akan diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa dan menjalankan amalan wajib maupun sunnah lainnya.

 

Puasa ramadhan mempunyai banyak keuntungan bagi orang yang melaksanakan. Keuntungan itu mendapatkan feedback secara langsung maupun secara tidak langsung. Secara langsung berarti puasa ramadhan sangat berpengaruh terhadap sikap maupun tingkah yang kita lakukan dalam berkehidupan. Dan secara tidak langsung berarti manfaat itu belum dapat kita rasakan manfaatnya sekarang seperti pahala atau hal yang yang bersifat ghoib.

 

Dalam menjalankan puasa ramadahan, banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil atau yang jarang kita sadari dari puasa ramadhan itu sendiri. Adapun 7 hikmah menjalankan puasa ramadhan sebagai berikut.

 

1. Puasa untuk mendapat pahala dan ridho dari Allah SWT

Segala ibadah puasa ramadhan atau ibadah lainnya yang dijalankan pada bulan ramadhan akan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Terutama dalam ibadah selain puasa, Allah menjanjikan bahwa setiap amalan kebaikan yang dilakukakan pada bulan ramadhan akan  dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Maka, menjalankan segala kebaikan atau ibadah dalam bulan ramadhan sangat besar pahalanya jika dibandingkan dengan bulan yang lain.

 

2. Puasa mendidik kita untuk merasakan perasaan orang lain.

Dalam menjalankan puasa pastinya kita akan merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Saat kita merasa lapar, begitu pun sebaliknya yang dirasakan oleh orang lain.

 

Dalam hadist menjelaskan bahwa :

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْحَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

“Tidaklah sempurna seorang iman seorang diantara kalian, sampai ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang ia cintai untuk dirinya sendiri.”(HR. Bukhari no.13)

 

Dalam hadist diatas menjelaskan bagaimana iman seorang mukmin yang belum sempurna jika belum merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dengan puasa, kita akan merasakan puasa, begitupun juga yang dirasakan oleh orang lain.

 

3. Puasa mendidik kita untuk tepat waktu

Salah satu hikmah puasa ramadhan adalah mendidik kita untuk konsisten dengan waktu. Puasa ramadhan dilaksanakan 30 hari pada bulan ramadhan tahun hijriah. Selain itu, ketepatan waktu sahur dan berbuka puasa juga penting.

A. Tepat waktu saat sahur

Sahur diartikan sebagai aktivitas makan dan minum sebelum menjalankan ibadah puasa. Sahur sangat penting dalam memulai ibadah yang kita lakukan. Karena dalam waktu sahur terdapat suatu barakah dari Allah swt. Waktu sahur dilakukan sebelum adzan subuh berkumandang dan waktu terbaik sahur mendekati waktu subuh.

B. Tepat waktu saat berbuka puasa

Dalam siklus puasa ramadhan dalam sehari tentunya akan diakhiri dengan berbuka puasa. Menyegerakan berbuka puasa sangat dianjurkan karena waktu berbuka puasa memiliki suatu kebaikan. Selain itu, waktu berbuka puasa adalah waktu yang mustajab dalam berdoa.

Maka, dalam menjalankan puasa ramadahan kita harus tepat waktu dalam sahur maupun berbuka puasa. Kebiasaan itulah yang membuat kita terlatih untuk menghargai waktu dan melatih disiplin secara otomatis.

 

4. Puasa mendidik kita untuk sabar

Secara langsung, ibadah puasa ramadhan mengajarkan kepada kita bagaiamana cara untuk bersabar. Bersabar dalam menahan lapar dan haus dari waktu terbitnya fajar sampai waktu maghrib, sabar dalam dari perbuatan yang dapat membatalkan puasa, sabar dalam menjaga perkataan kepada orang lain, serta menahan diri dalam perbuatan yang sia-sia.

Dengan puasa yang kita jalankan dengan ikhlas dan hanya mengharap ridho dari Allah swt, kita akan mendapatkan separuh kesabaran. Separuh kesabaran dapat dilakukan dengan bertaqwa kepada Allah SWT, yaitu dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya.

 

5. Puasa mendidik kita untuk melawan hawa nafsu

Saat berpuasa umat Islam diajarkan untuk melawan hawa nafsu. Hawa nafsu yang biasanya terjadi saat kita berpuasa antara lain seperti ingin makan dan minum, ingin bergaul dengan pasangan yang halal. Akan tetapi, dalam puasa ramadhan ini kita dilatih untuk melawan hawa nafsu yang sebenarnya halal untuk kita.

Upaya dalam melawan hawa nafsu saat bulan ramadhan menjadikan kita terbiasa melawan hawa nafsu setelah meninggalkan bulan ramadhan, karena kita mempunyai self control yang sudah terlatih saat puasa di bulan ramadhan.

 

6. Puasa mendidik kita untuk mengingat Allah

Puasa adalah suatu ibadah langsung dengan Allah SWT. Dengan hal itu, puasa tidaknya seorang hamba hanya Allah yang tau. Misal saat kita berada dalam kamar sendiri tidak ada orang, kita minum saat puasa, akan terapi Allah Maha Melihat. Sehingga apapun yang dilakukan seorang hamba secara sembunyi-sembunyi dalam menyembunyikan puasanya akan sia-sia dihadapan Allah SWT.

Dari puasa yang kita jalankan, pasti akan selalu mengingat Allah pada setiap kegiatan kita. Secara tidak sadar tauhid kita pada bulan ramadhan semakin meningkat. Apalagi janji Allah kepada orang-orang yang berpuasa pada bulan ramadhan sangat banyak membuat kita bersemangat dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan.

 

7. Puasa dapat membuat tubuh kita sehat

Menjalankan ibadah puasa ramadhan menjadi waktu yang tepat dalam memperbaiki kondisi tubuh serta dapat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh manusia. Pada saat sahur kita dianjurkan untuk memakan makanan yang bergizi yang berguna sebagai fungsi kerja organ tubuh kita.  Sehingga saat kita berpuasa proses pengeluaran racun dalam tubuh manusia berjalan dengan lancar.

Namun, dalam catatan bahwa harus berpuasa dengan baik. Yaitu dengan makan yang cukup, istirahat yang cukup, tidur yang cukup, serta olahraga yang cukup akan menjadi factor sehatnya tubuh kita saat berpuasa. Sebab, segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik.

Artikel ini di posting oleh website Radardakwah.com , semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua, Aminn!

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *