Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT

Iman Kepada Kitab-Kitab Allah SWT

Kitab Allah – Kitab Allah adalah kitab yang difirmankan oleh Allah kepada para nabi dan rasul utusan-Nya. Sebagai seorang umat Islam, kita wajib meyakini dan mengimani kitab-kitab Allah SWT. Hal ini juga termasuk dalam rukun iman yang ketiga, yaitu Iman kepada kitab-kitab Allah. Jumlah kitab yang telah diturunkan sebanyak 104 kitab suci. Ada 4 kita suci yang diturunkan kepara Nabi dan Rasul yang wajib kita imani. Adapun nama keempat kitab kitab suci Allah SWT tersebut adalah :

1. Kitab Taurat

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa As. Kita Taurat diturunkan kira-kira pada abad ke 12 sebelum masehi. Kitab Taurat diturunkan untuk umat Nabi Musa yaitu Bani Israil di daerah Israel dan Mesir. Kitab Taurat berisi tentang akidah dan tauhid serta mengandung hukum-hukum syariat.

 

2. Kitab Zabur

Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud As. Kitab Zabur diturunkan kira-kira pada abad ke-10 sebelum masehi. Kitab Zabur diturunkan untuk umat Nabi Daud di daerah Israel. Kitab Zabur berisi tentang akidah dan tauhid serta mengandung hukum-hukum syariat.

 

3. Kitab Injil

Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa As. Kitab Injil diturunkan para permulaan abad pertama masehi. Kitab Injil diturunkan untuk kaum Nabi Isa. Kitab Injil berisi tentang akidah dan tauhid serta mengandung hukum-hukum syariat.

 

4. Kitab Al-Qur’an

Kitab Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab Al-Qur’an diturunkan pada abad ke-6 masehi. Al-Qur’an diturunkan di kota-kota di Arab Saudi yaitu Mekkah dan Madinah. Al-Qur’an berisi tentang aqidah, hukum-hukum syariat dan muamalah. Al-Qur’an juga menjadi penyempurna kitab-kitab terdahulu dan melengkapi hal-hal yang ada pada kitab-kitab sebelumnya. Al-Qur’an adalah kitab suci yang paling lengkap yang berisi pokok-pokok keyakinan, aturan dan tata cara peribadatan, tata cara hukum kemasyarakatan dan kisah-kisah masa lalu. Al-Qur’an berlaku untuk selamanya dan menjadi pedoman hidup umat Islam dan seluruh umat manusia di dunia ini.

 

Selain empat kitab suci yang telah disebutkan di atas, yaitu kitab Taurat, kitab Zabur, kitab Injil dan Al-Qur’an, Allah SWT juga menurunkan wahyunya berupa suhuf pada para nabi dan rasul terdahulu. Suhuf terdiri dari lembaran-lembaran wahyu Allah yang diturunkan pada para nabi dan rasul.

Dalam sebuah hadits nabi, ada beberapa suhuf yang masing-masing diberikan kepada nabi dan rasul, yaitu :

1. Nabi Adam As, sebanyak 10 suhuf.

2. Nabi Syits As, sebanyak 50 suhuf.

3. Nabi Idris As, sebanyak 30 suhuf.

4. Nabi Ibrahim As, sebanyak 10 suhuf.

5. Nabi Musa As, sebanyak 10 suhuf.

Itulah informasi Islami mengenai iman kepada kitab-kitab Allah dan daftar nama 4 kitab-kitab Allah yang diturunkan pada para nabi dan rasul serta jumlah suhuf yang diturunkan pada nabi dan rasul tertentu. Sebagai seorang muslim, tentunya kita wajib untuk mengimani kitab-kitab Allah SWT, karena iman kepada kitab-kitab Allah merupakan rukun iman ketiga yang harus kita yakini. Semoga informasi Islami tersebut bisa bermanfaat.

Recommended For You

About the Author: Hafidz

Seorang Santri, penikmat sejarah, penyuka buku dan tulisan. Saat ini mencoba mengembangkan situs blog Radardakwah.com ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *