Pengertian Agama Islam Secara Bahasa Dan Istilah

  • Bagikan
Pengertian Agama Islam Secara Bahasa Dan Istilah
Pengertian Agama Islam Secara Bahasa Dan Istilah

Pengertian Agama Islam Secara Bahasa Dan Istilah – Radardakwah.com

 

 

Pengertian Agama Islam – Islam adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah SWT. Agama Islam merupakan satu-satunya agama yang benar di dunia ini. Agama Islam diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Ajaran Islam mengajarkan bahwa Allah SWT merupakan satu-satunya Tuhan yang ada, sesuai dengan bacaan kalimat syahadat. Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini bahwa Nabi Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus oleh Allah SWT. Pengikut ajaran Islam disebut dengan sebutan kaum Muslim yang artinya seorang yang tunduk kepada Tuhan.

Pengertian Islam dapat ditinjau dari dua segi, yaitu dari segi bahasa dan segi istilah.

1. Islam Menurut Bahasa

Islam berasal dari kata bahasa Arab, yaitu salima yang berarti selamat. Dari kata itu terbentuk kata aslama yang berarti menyerahkan diri atau tunduk. Kemudian dari kata aslama terbentuk kata Islam. Sebutan untuk penganut ajaran Islam adalah muslim yang berarti menyerahkan diri kepada Allah.

Dalam beberapa ayat Al-Qur’an juga didapatkan asal kata Islam, antara lain yaitu :

As-Silmu

Islam berasal dari kata as-slimu, yang berarti damai. Hal ini dapat dilihat dari Al-Qur’an surat Al-Anfal ayat ke 61,

“dan jika mereka condong kepada perdamaian, Maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (QS. Al-Anfal:61).

Aslama

Islam berasal dari kata ‘aslama’ yang berarti menyerahkan diri. Hal ini dapat dilihat dari Al-Qur’an surat An-Nisa ayat ke 125,

“Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya” (QS. An-Nisa:125).

Istalma Mustaslima

Islam berasal dari kata ‘istalma mustaslima’ yang berarti penyerahan total kepada Allah. Hal ini dapat dilihat dari Al-Qur’an surat Al-Shaffat ayat ke 26,

”Bahkan mereka pada hari itu menyerah diri” (QS. Ash-Shaffat:26 )

Saliimun Salim

Islam berasal dari kata ‘saliimun salim’ yang berarti bersih dan suci. Hal ini dapat dilihat dari Al-Qur’an surat Asy-Syu’ara ayat ke 89,

“Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih” (QS. Asy-Syu’ara:89)

Salamun

Islam berasal dari kata ‘salamun’ yang berarti selamat. Hal ini dapat dilihat dari Al-Qur’an surat Maryam ayat ke 47,

“Berkata Ibrahim: “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku” (QS. Maryam:47).

2. Islam Menurut Istilah

Sedangkan menurut istilah, Islam adalah agama wahyu yang berintikan tauhid atau keesaan Tuhan yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw sebagai utusan-Nya yang terakhir dan berlaku bagi seluruh manusia, di mana pun dan kapan pun, yang ajarannya meliputi seluruh aspek kehidupan manusia.

Itu tadi sedikit artikel informasi mengenai definisi serta pengertian agama Islam. Informasi tersebut kami kutip dari berbagai sumber dan referensi. Semoga info tersebut bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *